Cara Membuat Jurnal Neraca Saldo

Pada akuntansi, neraca saldo adalah salah satu langkah dalam pembuatan laporan keuangan yang tidak boleh diabaikan. Tanpa adanya neraca saldo kita tidak bisa memeriksa benar atau salahnya dalam proses pencatatan khusus di buku besar. Maka dari itu peranan neraca saldo sangatlah penting dalam proses membuat laporan keuangan.

Jadi pada intinya neraca saldo adalah komponen penting pada saat menyusun laporan keuangan pada suatu bisnis. Neraca saldo bisa dibilang sebagai keseluruhan data saldo dari beberapa akun yang nantinya disusun secara sistematis dari buku besar periode tertentu.

Dengan dilakukannya pemeriksaan maka kita akan yakin bahwa pada saat posting debit kredit dari adanya transaksi ke buku besar tidak adanya kesalahan. Ada 3 jenis neraca saldo yang berada pada laporan keuangan seperti neraca saldo belum disesuaikan, neraca saldo setelah penyesuaian, dan neraca saldo penutup.

Karena peranan neraca saldo ini penting, yuk langsung saja simak penjelasan cara membuat jurnal neraca saldo berikut ini:

Langkah-Langkah Pembuatan Neraca Saldo

Sebelum kalian memahami cara membuat jurnal neraca saldo sebenarnya, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu, langkah-langkah apa saja yang harus kalian lakukan sebelum menyusun neraca saldo. Berikut langkah-langkah pembuatan neraca saldo sebagai berikut:

  • Lakukan analisa dari keseluruhan proses transaksi bulanan di perusahaan kalian
  • Catat transaksi itu pada jurnal umum
  • Buat buku besar yang disesuaikan dengan jenis perusahaan kalian
  • Pindahkan atau posting semua transaksi dari jurnal umum itu pada buku besar yang sudah kalian siapkan sebelumnya
  • Dan yang terakhir membuat tabel neraca saldo, lalu setiap jenis akun pada buku besar dipindahkan ke neraca saldo

Nah terlihat sangat mudah bukan, proses dalam pembuatan neraca saldo? Kalian cukup pindahkan saja transaksi dari buku besar yang sudah kalian buat sebelumnya.

Setelah kalian memahami tahapan dalam pembuatan neraca saldo, selanjutnya kalian juga harus tau simulasi dari pembuatan neraca saldo. Berikut merupakan penjelasanya:

Cara Membuat Neraca Saldo dari Buku Besar

Sebelum pada tahapan ini kalian diharuskan sudah membuat buku besar perusahaan jasa kalian terlebih dahulu, selain itu juga sudah tersedianya jurnal umum, dan juga laporan keuangan sebab tahapan ini merupakan tahapan terakhir setelah kalian berhasil melakukan pemindahan akun pada buku besar ke neraca saldo atau posting buku.

Untuk membuat neraca saldo dari buku besar sangat mudah kalian cukup menyediakan tabel, lalu perhatikan pada saat menjumlahkan di akun buku besar yang sudah kalian kelompokan sebelumnya, karena biasanya pada buku besar sudah dilakukanya, jadi yang dipindahkan pada neraca saldo hanyalah penjumlahan melalui akun buku besar, bukan dari buku besarnya.

Untuk memastikan postingan buku besar yang sudah kalian kerjakan itu benar atau tidaknya maka perhatikanlah jumlah dari debit dan kredit di neraca saldo. Jika sama jumlahnya , maka postingan yang kalian lakukan itu sudah benar.

 

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai bagaimana cara membuat jurnal neraca saldo yang bisa dilakukan untuk perusahaan jasa. Agar kalian lebih memahaminya silahkan lakukan simulasi sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

 

Baca juga: Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dari Neraca Saldo