Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama

Hello teman-teman semuanya, pada artikel dan kesempatan kali ini saya mau bagikan kepada kalian bagaimana cara menyimpan buah agar tahan lama saat disimpan. Karena seperti yang kita tahu buah ini cepat sekali busuknya seketika sudah dipotong atau dibuka.

Maka dari itu, sebaiknya teman-teman disaat mengkonsumsi alangkah baiknya langsung dihabiskan selagi segar dan masih baru. Meskipun begitu, pastinya juga ada diantara kalian yang tidak sempat mengkonsumsinya sampai habis.

Jika disimpan begitu saja, buah pun tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu bagi kalian yang penasaran dengan cara agar buah tahan lama saat disimpan bisa simak pembahasan kali ini ya.

Ga perlu pake lama lagi dengan pembuka serta basa basinya, kita masuk ke bahasan mengenai tips cara menyimpan buah agar tahan lama.

cara menyimpan buah agar tahan lama

Rendam dalam air garam

Untuk tips pertama ini, Anda bisa merendam irisan buah dalam air larutan garam. Anda hanya perlu merendamnya selama kurang lebih 3-5 menit, lalu cuci buah sampai bersih.

Selanjutnya Anda tinggal memindahkan buah-buahan tersebut ke dalam wadah tertutup dan simpan di dalam lemari es atau mesin pendingin, nantinya buah-buahan yang sudah diiris akan tetap segar dan tidak akan membusuk selama beberapa jam ke depan.

Rendam dalam air dingin

Tips kedua, Anda bisa merendam irisan buah dalam wadah berisi air dingin, yang dapat membantu menghentikan proses oksidasi buah. Selain itu, merendam dalam air dingin juga dapat membantu mengawetkan enzim yang ada pada buah, sehingga rasa buah tidak akan berubah. Lebih baik lagi, merendam irisan buah dalam wadah berisi air dingin di lemari es akan membuatnya lebih tahan lama.

Artikel lainnya:  Tips Memilih Dispenser Sabun

Menambahkan air jeruk nipis

Tips selanjutnya: Anda bisa menggunakan jeruk nipis ini untuk mengawetkan buah yang sudah Anda cincang tadi. Caranya cukup tuang 1-2 sendok makan air jeruk nipis ke dalam buah yang sudah dipotong-potong, lalu taruh di wadah, pendingin atau kulkas. Hal ini dapat mengakibatkan buah-buahan yang telah diiris sebelum tetap segar hingga 12 jam.

Bungkus dengan plastik warp atau sealer

Dan untuk tips keempat disini, Anda bisa membungkus buah yang sudah dipotong tadi dengan plastik wrap, atau bisa juga vacuum sealer dengan vacuum sealer agar tetap rapat dan kedap udara. Kemudian Anda hanya perlu memasukkannya ke dalam lemari es, dan kesegaran irisan buahnya bisa bertahan hingga 12 jam atau lebih.

Bungkus dengan tisu dapur

Peralatan tisu dapur atau tisu makan juga bisa digunakan untuk menjaga kesegaran irisan buah. Caranya adalah dengan membungkus buah dalam tisu dapur dan menyimpannya dalam wadah kedap udara. Tisu dapur bisa menyerap kelembaban, serta juga wadah yang tertutup mencegah udara. Anda dapat menggunakan cara ini saat bepergian dengan buah-buahan yang telah kalian potong.

Menyimpan buah di dalam freezer

Sekarang tips yang terakhir, Anda dapat mencegah buah yang dipotong menjadi busuk dengan menyimpannya di dalam freezer. Anda hanya perlu memasukkan buah ke dalam wadah yang tertutup rapat kemudian langsung menyimpannya di dalam freezer, dan Anda tidak perlu mencuci buah terlebih dahulu di dalam freezer.

Anda hanya perlu mencucinya saja saat ingin memakan buahnya. Anda juga harus menyimpannya pada suhu sekitar 3-7 derajat Celcius. Karena jika terlalu dingin akan membuat pendingin atau kulkas bekerja lebih keras. Serta, jika kalian menerapkan terlalu rendah bisa menyebabkan buah-buahan kalian menjadi lebih kering.

Artikel lainnya:  Tips Memilih Dispenser Sabun