Pengaruh Pelatihan Terhadap Karier Teknologi Informasi

Terlepas dari kenyataan bahwa IT sudah menjadi salah satu bidang yang paling banyak diminati, sebaiknya Anda tetap manfaatkan beberapa pelatihan khusus untuk karir ini. Ada banyak pilihan tetapi penting untuk memilih dengan bijak dan meluangkan waktu untuk menyelidiki semua pilihan Anda sebelum mengambil kursus atau program apa pun. Menurut Brian W. Klein, Co-founder dan COO CareerBuilder, "Kunci untuk tetap relevan adalah mengambil inisiatif untuk terus mempelajari keterampilan baru. Beberapa pekerjaan mungkin hanya memerlukan beberapa kursus untuk memperbarui keterampilan karyawan, posisi lain akan mengharuskan pekerja sepenuhnya disertifikasi ulang."

Klein menyarankan untuk mencari peluang pelatihan di luar tempat kerja Anda. Kursus dan sertifikasi online sudah tersedia dan dapat diselesaikan sesuai keinginan Anda. Kursus-kursus ini tidak hanya akan membantu memperbarui keterampilan Anda, mereka sering kali akan mengarah pada promosi atau kenaikan gaji karena banyak perusahaan mengakui nilai pelatihan karyawan mereka dalam berbagai keahlian.

Internet juga merupakan sumber yang sangat baik untuk menemukan informasi tentang pilihan pelatihan online dan secara langsung yang mungkin tidak dapat Anda temukan di tempat lain. Bahkan, menurut ApprenNet, "Internet adalah perpustakaan terbesar di dunia dengan lebih dari satu miliar halaman informasi." Banyak website memberikan ulasan tentang ratusan kursus pembelajaran online sementara situs lain ada yang memberikan saran yang berguna untuk menemukan peluang pelatihan baru di daerah Anda.

Selain peluang pelatihan online, ada juga banyak pilihan langsung yang dapat menguntungkan pertumbuhan profesional Anda. Beberapa di antaranya adalah: sertifikasi, seminar, konferensi, dan lokakarya. Penting untuk dicatat bahwa beberapa dari opsi pelatihan yang lebih formal ini mungkin memerlukan investasi keuangan yang lebih besar.

Bagaimana menemukan peluang pelatihan? Untuk menemukan peluang pelatihan, penting bagi Anda untuk mengetahui apa tujuan Anda dan ke mana Anda ingin membawa karir Anda. Pertimbangkan dengan cermat keahlian Anda saat ini dan bagaimana hal itu diterjemahkan ke dalam pilihan karir. Katakanlah, misalnya, Anda adalah seorang programmer yang berpengalaman dengan latar belakang yang kuat dalam bahasa dan kerangka kerja pemrograman terbaru. Sementara ada banyak lowongan kerja IT yang memerlukan keterampilan yang berbeda. Misalnya Anda memiliki minat pada lowongan kerja pada posisi DevOps, tetapi Anda tidak merasa cukup percaya diri untuk terjun langsung ke dalamnya karena kesenjangan keterampilan antara pengalaman Anda saat ini dan apa yang diperlukan untuk memasuki bidang itu.

Dalam hal ini, Anda dapat menemukan kursus online seputar teori dasar DevOps. Ini akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang bidang tersebut dan membangun kepercayaan diri Anda untuk mengambil beberapa posisi DevOps tingkat pemula tetapi memerlukan sedikit lebih banyak pengalaman daripada pengetahuan dasar. Dalam skenario ini, mengambil kursus online dalam arsitektur cloud kemungkinan tidak hanya bermanfaat tetapi juga diperlukan karena menjembatani kesenjangan keterampilan antara tempat Anda sekarang dan tempat yang Anda inginkan.

Salah satu hal yang selalu ditanyakan oleh orang-orang yang serius tentang perubahan karier adalah, "Apakah ini benar-benar berhasil?" Dalam kebanyakan kasus, mereka mempertanyakan diri mereka sendiri ketika mereka perlu berkomitmen dan mengambil tindakan.