Tips Memilih Lemari Kabinet di Dapur

Agar mempunyai tampilan yang lebih rapi, dapur bisa menggunakan kitchen set dengan lemari kabinet yang dipasang. Lemari kabinet di dapur tersebut mempunyai manfaat untuk menyimpan berbagai perabotan dapur sehingga bisa menghindari debu dan juga membuat tampilannya lebih rapi. Sehingga ketika akan menggunakan lemari kabinet dapur penting juga untuk memperhatikan beberapa hal agar bisa mendapatkan pilihan kabinet yang terbaik di dapur. Beberapa tips memilih lemari kabinet di dapur adalah sebagai berikut ini:

 

1.    Menentukan jumlah lemari kabinet yang akan dipasang

Tips pertama yang bisa digunakan ketika akan memasang lemari kabinet di dapur adalah menentukan jumlah kabinet yang digunakan. Hal tersebut juga penting untuk diperhatikan, sehingga tidak membuang tempat sekaligus pas untuk kebutuhan perabotan yang dipunyai. Oleh karena itulah pastikan untuk mengetahui perabotan apa saja yang akan disimpan di lemari tersebut.

Jumlah kabinet tersebut juga bisa dipengaruhi oleh lebar dan luar dapur yang dipunyai. Sehingga juga perhatikan berapa banyak lemari kabinet yang akan dipasang dengan disesuaikan dengan luas dapurnya. Hal tersebut bisa memberikan manfaat untuk mendapatkan jumlah lemari kabinet yang tepat.

lemari kabinet

2.    Panel pintu kabinet

Ketika akan memasang lemari kabinet di dapur juga perlu memperhatikan jenis panel pintu yang akan digunakan untuk tutupnya. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan konsep dapur yang dipunyai. Sehingga bisa memilih jenis panel pintu kabinet yang tepat sesuai kebutuhan. Untuk pilihan kabinet dapur bisa memilih panel pintu yang awet dan sesuai dengan gaya yang diinginkan. Seperti misalnya beberapa jenis panel pintu kabinet lemari dapur yang bisa dipilih adalah:

  • Raised merupakan panel pintu kabinet yang menonjol.
  • Recessed merupakan jenis panel pintu yang datar dan menjadi satu dengan pintu.
  • Shaker merupakan jenis panel pintu kabinet yang menonjol tetapi tidak menggunakan bevel.
  • Mullion merupakan panel pintu kabinet yang menggunakan bahan kaca.
  • Slap merupakan lemari kabinet yang mempunyai ciri datar keseluruhan.

3.    Layout kabinet

Hal penting selanjutnya ketika akan menggunakan lemari kabinet di dapur yang rapi dan juga bisa membuat tampilan dapur lebih cantik juga bisa memperhatikan layout kabinet yang akan dipasang. Selain jumlahnya, peletakannya juga penting untuk diperhatikan sehingga kabinet terlihat lebih rapi. Layout kabinet bisa memilih jenis tampilan yang diinginkan sehingga bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan perabotan yang ada di dapur.

Seperti misalnya layout kitchen triangle yang bisa membuat mengambil perabotan dengan mudah tanpa mondar-mandir. Ada juga jenis layout lainnya, sehingga bisa dipilih sesuai tampilan dan menyesuaikan kebutuhan dapur yang dipunyai.

 

4.    Material kabinet

Memilih dan menggunakan lemari kabinet di dapur juga penting untuk memperhatikan material yang digunakan. Material tersebut akan mempengaruhi penampilan akhir dapur yang dipunyai. Pastikan untuk selalu memilih material yang cocok dengan konsep dapur dan rumah yang dipunyai. Selain itu juga pilih material yang tahan lama dan cocok digunakan di dapur. Beberapa jenis material yang bisa dipilih untuk kabinet di dapur misalnya kayu, plywood, triplek, stainless steel, UPVC, aluminium, dan jenis lainnya.

 

5.    Warna dan pelapis material

Tips terakhir untuk memilih lemari kabinet terbaik yang akan dipasang di dapur adalah dengan memperhatikan warna dan pelapis yang akan digunakan. Warna bahan tersebut bisa mempengaruhi hasil akhirnya apakah sederhana, natural, ataupun mewah. Untuk finishing lemari kabinet di dapur ini juga bisa memilih bahan pelapis kabinet mulai dari cat kayu, cat logam, coating bening, dan lainnya.